Menjadi Advokat adalah mimpi yang harus diwujudkan bagi sebagian Sarjana Hukum. Ada banyak alasan kenapa seorang Sarjana Hukum ingin menjadi Advokat, salah satunya seperti dikutip oleh Grid, dimana seorang Cornelia Agatha bermimpi menjadi advokat untuk menangani kasus kekerasan terhadap anak.

 

Ada banyak alasan lain, kenapa seorang sarjana hukum hendak menjadi advokat, salah satunya adalah karena profesi advokat memiliki tantangan intelektual yang unik. Anda harus mampu menganalisa masalah, merancang strategi, dan masih banyak hal lainnya

 

Untuk menjadi seorang advokat, bukanlah hal yang mudah. Butuh konsistensi dan perjuangan yang cukup lama sebelum seseorang mendapat ijin praktik sebagai advokat. Untuk memulainya, anda bisa mengikuti program kelas Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang diadakan oleh ICJR Learning Hub.

 

Jika telah mengikuti PKPA maka organisasi advokat umumnya menyelenggarakan Ujian Profesi Advokat. Ada beberapa langkah yang bisa anda ikuti untuk mengikuti Ujian Profesi Advokat diantaranya adalah:

 

Sebelum Ujian Profesi Advokat

 

Pada saat sudah mendaftar Ujian Profesi Advokat

 

  • Jangan lupa untuk memiliki stamina dan istirahat yang cukup sehari sebelum ujian.
  • Gunakan peralatan tes yang disyaratkan secara resmi. Jangan lupa untuk menyimpan kartu tanda pengenal peserta ujian profesi advokat.
  • Isilah identitas anda dengan benar, jangan sampai salah dalam mengisi identitas anda sendiri.
  • Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Jika sudah selesai, anda bisa mulai menjawab soal lain yang lebih rumit. Metode ini akan lebih menghemat waktu anda dalam menjawab soal di Ujian Profesi Advokat.
  • Yang terakhir, jangan lupa berdoa. Mudah – mudahan Tuhan memberikan kemudahan agar anda bisa lulus ujian profesi advokat

 

Nah mudahkan?

 

Kalau anda tertarik menjadi advokat, jangan lupa untuk mengikuti kelas Pendidikan Khusus Profesi Advokat ini