Menjadi mediator adalah salah satu profesi yang cukup diminati oleh banyak kalangan. Mulai 14 Maret 2022, bekerjasama dengan Impartial Mediator Network (IMN), ICJR Learning Hub menggelar Pendidikan Mediator Bersertifikat (PMB) Angkatan 3. PMB ini akan berlangsung selama 6 hari yaitu tanggal 14-16 Maret 2022 kemudian dilanjutkan pada 21-23 Maret 2022. PMB ini diadakan menggunakan standar kurikulum dan silabus yang mengacu pada ketentuan tata kelola Mediasi Mahkamah Agung RI yaitu minimal 40 jam yang dikemas secara tepat dengan memadukan pendekatan teori (40%) dan praktik (60%)  yang diajarkan oleh mentor-mentor yang telah berpengalaman dalam mediasi dan ditambah dengan ujian tertulis serta ujian praktik.

Dalam pembukaan PMB Angkatan ke-3, Wahyu Wagiman, Managing Director Business and Human Rights Institute (BHR Institute), mewakili ICJR Learning Hub, berharap agar seluruh peserta PMB di angkatan ini dapat menyerap seluruh ilmu dan teknik yang diberikan oleh mentor secara baik. Sehingga nantinya setelah lulus dari PMB, peserta diharapkan bisa menjadi mediator yang berkompeten, berkomitmen dan amanah.

Selain itu, Ahmad Zazali, Direktur Eksekutif IMN, mengungkapkan bahwa dengan adanya pendidikan mediator bersertifikat yang di harapkan melahirkan mediator yang berkompeten dan berkomitmen ini sesungguhnya adalah perwujudan dari sila ke-4 Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan”. Dimana berdasarkan sila ke-4 tersebut mengedepankan keutamaan musyawarah untuk mufakat berdasarkan asas kekeluargaan.

Setelah sesi pembukaan PMB selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan Pre-test yang diikuti oleh seluruh peserta PMB untuk menguji pengetahuan awal sebelum dimulainya sesi pertama pengajaran dengan materi ajar yaitu Alternatif Penyelesaian Sengketa dan Kebijakan Mediasi Luar Pengadilan di Indonesia yang diajarkan langsung oleh Ahmad Zazali. Selain itu, adapun materi yang diajarkan pada hari pertama ini ialah Analisa Konflik dan Memahami Isu, Masalah, Posisi dan kepentingan, Simulasi Analisa Konflik serta Teknik Negosiasi Efektif.

ICJR Learning Hub juga telah membuka kembali Pendidikan Mediator Bersertifikat Angkatan IV yang jadwal pendidikannya akan dimulai pada 5 Agustus 2022.