Selama 26 Juli – 31 Juli 2021, ICJR Learning Hub memulai Pendidikan Mediator Bersertifikat Angkatan I Bekerjasama dengan IMN, ICJR Learning Hub membuka kesempatan bagi seluruh warga Indonesia yang tertarik untuk menjalani karir sebagai mediator.

Sebagai salah satu bentuk penyelesaian sengketa di luar pengadilan, mediasi merupakan jawaban atas ketidakpuasan pihak-pihak yang brsengketa melalui pengadilan dimana proses penyelesaian sengketa di pengadilan sangat menguras waktu, biaya, dan tenaga.

Karena itu, mediasi membutuhkan mediator yang mumpuni yang bertindak sebagai katalisator yang mampu mendorong lahirnya suasana yang konstruktif bagi diskusi. Sebagai juru damai, mediator berperan untuk menganalisis dan mendiagnosa sengketa yang ada dan mendesain serta mengendalikan proses mediasi sehingga para pihak yang bersengketa dapat mencapai kesepatan.

Secara mendasar, tujuan mediasi adalah tercapainya kesepakatan diantara para pihak yang berkonflik atau paling tidak dapat terjalin komunikasi diantara para pihak yang berkonflik mengenai permasalahan yang sedang dihadapi.

Untuk mendorong lahirnya mediator – mediator professional serta sekaligus memperkuat akses terhadap keadilan, ICJR Learning Hub menyelenggarakan Pendidikan Mediator Bersertifikat (PMB). Dalam PMB Angkatan I yang diikuti oleh 9 orang, semua peserta juga menjalani Ujian Sertifikasi Mediator.

Berdasarkan hasil ujian tersebut, seluruh peserta ujian sertifikasi mediator pada PMB Angkatan I dinyatakan lulus dan berhak berkarir sebagai mediator tersertifikasi.

Seluruh peserta yang dinyatakan lulus tersebut adalah:

  1. Ditta, S.H., M.H., – Palangka Raya, Advokat
  2. Fitri Hidayat, S.H., M.H. – Malang, Dosen FH Universitas Brawijaya
  3. Dr. Lucky Endrawati, S.H., M.H. – Malang, Dosen FH Universitas Brawijaya
  4. Andihar, S.H – Batam, Advokat
  5. Muhammad Busyrol Fuad, S.H., M.H. – Jakarta, Peneliti ELSAM
  6. Dr. P. Maulana Kamal. SH. MH. MKn – Cirebon, Plt Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II Fakulatas Hukum UNTAG 1945 CIREBON
  7. Maidina Rachmawati, S.H – Jakarta, Project Manager & Researcher ICJR
  8. Iftitahsari, S.H., M.Sc – Malang, Researcher ICJR
  9. Dewitya Dianuary – Jakarta, Mahasiswa Universitas Trilogi

Selamat untuk seluruh peserta yang dinyatakan lulus dalam ujian sertifikasi mediator